News

Sepuluh Ribu Alumni UI Dukung Jokowi-Amin

Sepuluh Ribu Alumni UI Dukung Jokowi-Amin

Jakarta - Para Alumni Universitas Indonesia berkumpul di Senayan. Mereka mendeklarasikan dukungan bagi Joko Widodo yang bertarung kembali di pemilihan presiden 2019. Menurut musisi Addie MS, selaku konduktor di acara deklarasi tersebut mengatakan, "Konsep keseluruhan acara dirancang untuk menciptakan suasana khidmat, penuh semangat dan rasa kebangsaan yang akan dihayati oleh ribuan peserta."

Sebagaimana dikutip dari liputan6.com, Addie MS menyatakan deklarasi ini mewakili keragaman kelompok, agama, suku, usia, dan golongan yang semua disatukan melalui kekayaan seni budaya Indonesia, diekspresikan lewat nyanyian lagu-lagu kebangsaan.

"Rencananya acara deklarasi ini akan diisi dengan nyanyian beberapa lagu nasional seperti Mars Pancasila atau Garuda Pancasila dan Bangun Pemudi Pemuda," tambahnya.

Untuk acaranya sediri dimulai pukul 15.00 WIB, Sabtu, 12 Januari 2019 di Plaza Tenggara, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), dengan tajuk utama, “Deklarasi Alumni UI untuk Jokowi-Amin”. Digaungkan oleh ribuan Alumni UI dan para sahabat Jokowi-Amin. Para peserta deklarasi rencananya akan hadir dengan berbagai warna dan identitas.

Ada 10 ribu peserta dari 15 Univesitas dan relawan yang tersebar di seluruh Indonesia

Ketua Gerakan Alumni UI untuk Jokowi-Amin, Fajar Soeharto, di Dapoer Ciragil, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019), menjelaskan, "Kami percaya deklarasi ini akan menjadi awal yang membawa pengaruh besar untuk membangkitkan semangat dan mendorong gerakan-gerakan serupa demi mendukung Paslon 01."

Dia menambahkan, gerakan ini akan diikuti 10.000 orang. Bahkan menurut Fajar, 15 universitas dan puluhan komunitas relawan akan bergabung. 

Awalnya acara itu hanya untuk alumni UI, tapi karena banyak yang ingin bergabung, akhirnya acara deklarasi itu dikembangkan. Jumlah peserta terus bertambah. Menurut koordinator Alumni Unika Atma Jaya, Indro, Jumat (11/1/2019), jumlah relawan yang postif akan hadir sudah tercatat sebanyak 27 organ relawan.

Bukan panggung gembira

Di tempat terpisah, musisi Jay Subiyakto menjelaskan bahwa "Deklarasi Gerakan Alumni UI untuk mendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin" akan berbeda dari Konser Salam 2 Jari yang sempat dibuatnya pada Pilpres 2014 lalu.

“Kita bukan gembor-gembor, tapi milih kesenian. Ketika Salam Dua Jari, kendalanya banyak banget,” ujar Jay Subyakto sebagaimana dikutip dari okezone[dot]com, Jakarta Pusat, Selasa (17/12/2018).

“Enggak punya dana, kita enggak tahu bagaimana mendatangkan massa, pas puasa juga. Tapi secara ajaib ternyata bisa kumpul, akhirnya kita menyajikan konser, dan target kita anak muda,” tambahnya.

Meski masih mengusung unsur kesenian, Jay Subyakto menyebutkan bahwa Deklarasi Alumni UI untuk Jokowi-Ma’ruf Amin mempunyai konsep yang sederhana dan serius, yakni diisi dengan nyanyian lagu-lagu nasional, bukan layaknya konser seperti acara Salam 2 Jari.

“Tapi di sini bukan panggung gembira hura-hura, tapi serius dan sederhana untuk pernyataan sikap. Jadi memang konsepnya berbeda. Sekarang alumni yang akan menyatakan sikap,” ungkap Jay Subyakto.

Seperti diberitakan sebelumnya, Deklarasi Gerakan Alumni UI untuk Jokowi-Ma’ruf Amin akan digelar pada Sabtu, 12 Januari 2019 di Gelora Bung Karno (GBK). Rencananya, selain dipandu Addie MS, acara itu juga akan melibatkan Tompi dan Putri Patricia.

“Dan kali ini karena saya Alumni UI, saya lihat harus ada pernyataan sikap, dan banyak teman-teman yang ingin kasih tahu kalau Alumni UI akan dukung Jokowi-Ma’ruf Amin,” terang jay (*)

Bagikan Kiriman: