Tak Berkategori

JOKOWI BAWA PERSOALAN INDO – PASIFIK KE KTT ASEAN DI SINGAPURA

Jakarta – Selasa pagi presiden Joko Widodo bertolak ke Singapura untuk menghadiri KTT Asean yang berlangsung mulai hari ini, 13 November 2018.

Jokowi melawat ke Singapura menggunakan pesawat kepresidenan RI 1 melalui pangkalan udara TNI angkatan udara Halim Perdanakusuma didampingi Ibu Negara, Iriana

Selain itu, ikut juga sejumlah mentri, termasuk mentri luar negri Retno Marsudi. Ia menjelaskan jika di sela-sela KTT yang waktunya sebentar, 13 sampai 15 November, Jokowi akan hadiri 17 sampai 20 pertemuan bilateral. Sementara misi yang dibawa presiden Jokowi yakni mempresentasikan persoalan Indo-Pasifik.

Dikutip dari portal berita CNBC, Indonesia adalah negara yang pertama mendorong kebijakan Indo-Pasifik, diikuti oleh Tokyo dan kemudian Washington. Semuanya mengacu pada geografi yang sama, daerah segitiga antara Pasifik dan Samudra Hindia, dibatasi oleh Jepang, India, dan Australia.

Namun Indonesia, yang terletak di dalam segitiga itu, memiliki visi yang tidak sesuai dengan proposal Jepang dan Amerika Serikat yang keduanya terkait dengan muatan China.

“Jadi prinsipnya saya sampaikan, centrality of ASEAN (sentralitas ASEAN) ini yang menjadikan Indonesia tergerak untuk mempersiapkan untuk menjual kerja sama konsep Indo-Pasifik,” kata Retno.

Retno bermaksud untuk memunculkan denah Indo-Pasifik negaranya di KTT, tetapi akan sulit bagi negara-negara peserta untuk menerima konsep yang netral dan inklusif. Itu karena AS dan Jepang mendorong untuk mengimbangi jangkauan diplomatik, ekonomi dan militer Beijing melalui skema mereka sendiri.

 

Sumber gambar: google.com

Comment here